Blog

7 Fakta Unik Mengenai Jurusan Meteorologi 08 Jan 2021

Belajar tentang Bumi dan segala hal yang melingkupinya, memang sebuah hal yang menarik. Terlebih jika kita sempat menggunakan seperangkat alat ( media ) yang sebelumnya belum pernah kita ketahui. Itulah sekelumit yang mungkin bisa kita dapatkan pada saat kita mengambil jurusan Meteorologi. Sebuah jurusan yang akan mengajarkan pada kita para mahasiswa segala hal yang berhubungan dengan kejadian yang ada di bumi, termasuk didalamnya masalah gas atau udara. 

Sebenarnya  bicara soal jurusan Meteorologi, salah satu jurusan yang bisa dipilih oleh para siswa  yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri.  Kalian para siswa akan mempelajari tentang penyebab terjadinya perubahan iklim  yang ada di Bumi. Dimana dampak dari perubahan iklim yang akan terjadi pada manusia dan makhluk hidup  itulah yang  akan menjadi concern kita selama kuliah. Dimana implementasi dari semua hal itu adalah bisa diterapkan pada kondisi kita dalam kaitan misalnya Musim Panen, Musim Kemarau, Musim Hujan, Badai dan seterusnya.

Setidaknya ada 7 hal menarik yang kita perlu tahu sebagai calon mahasiswa menyangkut seperti apa kuliah di jurusan Meteorologi tersebut.  Dengan kita mengetahui beberapa hal tersebut akan memudahkan kita dalam menjalani kuliah ketika sudah menjadi mahasiswa di jurusan Meteorologi tersebut di kampus yang kita pilih.

  1. Perlu kalian pahami,  Apa sebenarnya  yang mendasari sehingga kalian memilih jurusan tersebut. Hal  ini menjadi penting, jangan sampai kalian sendiri tidak tahu kenapa kalian memilih jurusan tersebut. Karena sekali lagi perlu kalian pahami  bahwa jurusan Meteorologi akan membawa kalian untuk mempelajari dan memahami beberapa hal soal perubahan iklim, perilaku bumi serta dampaknya terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Dengan begitu kalian bisa melakukan analisa dari perubahan iklim dan cuaca  yang  terjadi.

  1. Jika kalian sudah yakin dengan jurusan Meteorologi, maka  kalian juga harus yakin dengan bidang pelajaran yang akan kalian hadapi. Terdapat beberapa pelajaran baru yang mungkin menarik bagi kalian anak-anak jurusan Meteorologi seperti : Pengantar Meteorologi dan Klimatologi, Komputasi Meteorologi, Mekanika Medium Kontinu, Observasi Meteorologi, Analisa Data Cuaca dan Iklim serta beberapa mata pelajaran lainnya.

  1. Karena bidang Meteorologi ini menuntun kalian para mahasiswa yang memiliki karakter beda. Maka kalian sudah siap dengan karakter yang mesti kalian miliki selama mendalami bidang Meteorologi seperti misalnya  ;  Teliti, Rasional, Observasi dan yang paling penting Independen.

  1. Jangan  bingung, karena bidang Meteorologi ini akan membawa kalian pada bidang profesi  yang spesial. Kalian akan terlihat spesial dibanding profesi lainnya. Karena bidang yang bisa kalian dalami adalah profesi : Analis Cuaca dan spesialis iklim di BMKG  ( Badan Meteorologi dan Geofisika ),  Analis di BPPT, serta di beberapa lembaga sejenis. Disamping itu kalian juga bisa menjadi Peneliti dan Pengajar di bidang Meteorologi dan Klimatologi.

  1. Profesi mentereng atau cukup elit bisa juga kalian dapatkan setelah lulus dari jurusan Meteorologi. Beberapa profesi ekslusive   tersebut adalah : Peneliti Atmosfer dan Ruang Angkasa, Analis Perubahan Iklim dan Cuaca, Analis Geofisika, Penginderaan  Jarak Jauh dan Sistem Informasi Geografi, serta beberapa profesi ekslusive lainnya. 

  1. Namun satu hal yang mesti kalian pertimbangkan juga.  Karena jurusannya juga unik dan menarik. Serta pelajarannya sudah pasti membutuhkan sarana dan prasarana  yang cukup mahal, sehingga  untuk jurusan ini tidak terdapat di banyak kampus Setidaknya jurusan Meteorologi ini ada di Kampus ITB  ( Institut Teknologi Bandung). Jadi konsekuensinya adalah kalian  yang suka dengan jurusan ini mesti berani bersaing dengan banyak pesaing lainnya  yang berasal dari seluruh  Indonesia.

  1. Jurusan Meteorologi dalam kamus Mahasiswa atau  Siswa SMA atau sederajat adalah salah satu jurusan unik dan langka. Karena tidak saja karena  hanya ada di satu kampus saja yaitu ITB. Jurusan inipun akan mempelajari banyak hal baru, sehingga kalian mesti cepat mengadaptasi perubahan yang ada.  Jika kalian belajar secara malas-malasan maka sulit bagi kalian untuk bisa cepat menyelesaikan kuliah di jurusan Meteorologi ini.

Sebenarnya bagi kalian  yang memang dengan jurusan Meteorologi ini tidak perlu berkecil hati.  Karena  jurusan ini bukan sama sekali jurusan yang begitu sulit untuk diikuti.  Coba kalian lihat dan pelajari data yang ada di kampus ITB mengenai jurusan tersebut. Maka setiap  tahun pasti jumlah mahasiswa yang lulus dan masuk cukup fluktuatif. Begitu juga ketersediaan pekerjaan yang berlatar belakang bidang Meteorologi juga cukup beragam dari tahun ke tahun.

Sehingga beberapa hal yang sejatinya harus kalian persiapkan  ketika kalian ingin benar-benar masuk ke jurusan Meteorologi adalah dengan melakukan minimal 3 hal : 

Pertama : Kalian harus sudah siap dengan konsekuensi yang akan kalian hadapi pada saat kuliah dan selepas kuliah selesai. Dengan kesiapan tersebut maka kalian akan lebih mudah dalam mengikuti semua proses dari kuliah hingga lulus.

Kedua : Pahami semua hal yang berhubungan dengan bidang pelajaran selama kalian berada di jurusan Meteorologi. Karena jika kalian tidak siap, maka kalian akan kesulitan untuk menyelesaikan perkuliahan tersebut. Cara terbaik adalah dengan mencoba  belajar dengan kakak  kelas kalian.

Ketiga : Jika kalian sudah mantap dengan jurusan Meteorologi, cobalah kalian ikuti program yang ada di Karantina UI. Mungkin kalian bertanya, kenapa Karantina UI  bukan ITB.   Jadi karantina UI adalah sebuah lembaga pendidikan yang akan mengajarkan dan membimbing kalian untuk bisa masuk ke PTN. Jika saat ini kalian ingin masuk ke jurusan Meteorologi, maka pada saat kalian ada di Karantina UI kalian akan mendapatkan berbagai ilmu yang bisa bermanfaat sebelum kalian benar-benar masuk ke jurusan tersebut. 

Caranya cukup mudah, kalian bisa masuk ke website  berikut  : https://www.karantinaui.com. Setelah itu komunikasikan keinginan kalian untuk masuk jurusan Meteorologi dengan guru-guru pembimbing kalian di Karantina UI. Sehingga dengan begitu akan banyak ilmu yang akan kalian dapatkan dan membuat kalian lebih siap ketika berada di kampus jurusan Meteorologi.