Blog

10 Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat Di SMA 06 Oct 2020

Memilih jurusan kuliah merupakan suatu hal yang sering membuat siswa SMA merasa kebingungan. Selain mempertimbangan masalah biaya kuliah, kebanyakan siswa SMA memiliki banyak pertimbangan yang harus direncanakan. Salah satunya yaitu menentukan prospek karir jurusan tersebut setelah lulus kuliah nantinya. Terlebih tidak sedikit mahasiswa yang merasa salah memilih jurusan yang tidak sesuai minatnya. Untuk membantu Anda supaya tidak salah memilih jurusan kuliah maka berikut 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA. 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat? 

Saat memilih jurusan kuliah, pasti akan ada faktor eksternal yang dapat berpengaruh pada keputusan Anda. Terkadang prestis jurusan maupun perguruan tinggi dapat berpengaruh pada pertimbangan Anda. Apalagi pendapat dari orang-orang terdekat juga dapat mengarahkan Anda untuk memilih jurusan kuliah yang sebetulnya kurang sesuai dengan minat dan diri Anda.

Supaya Anda tidak salah pilih jurusan kuliah, sebaiknya pilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA. Mengapa demikian? Berikut beberapa alasannya:

1. Bidang Ilmu yang Didalami Merupakan Komitmen Seumur Hidup 

Umumnya apa yang Anda pelajari saat di bangku kuliah nantinya akan dipergunakan sepanjang hidup. Ketika di bangku SMA, Anda sudah mulai dihadapkan pada pilihan penjurusan berdasarkan bakat dan minat. Melalui penjurusan tersebut Anda bisa mengetahui minat Anda sehingga membuat apa yang Anda kerjakan terasa lebih menyenangkan. Begitu juga ketika kuliah sesuai minat di SMA, maka akan membuat Anda termotivasi saat berkuliah dan menggeluti karir tanpa ada beban.

2. Memilih Sesuai Minat Sama Dengan Memberikan yang Terbaik 

Banyak orang yang bekerja hanya mengandalkan kemampuan tetapi belum tentu mereka bisa menikmati pekerjaan tersebut. Padahal nantinya sebagian besar waktu yang Anda miliki akan dipergunakan untuk bekerja. Untuk itulah sebaiknya pilih jurusan kuliah sesuai minat di SMA supaya Anda mengerjakannya sepenuh hati dan sebaik mungkin.

3. Setiap Orang Memiliki Keunikan dan Kekuatan yang Berbeda 

Ketika berada di bangku SMA, Anda mulai belajar memetakan mata pelajaran yang Anda sukai dan tidak disukai. Selain itu, saat di bangku SMA Anda juga mulai memahami bidang yang membuat Anda nyaman dan tanpa beban saat mengerjakannya. Dari hal tersebut Anda bisa memperkirakan kemampuan atau kekuatan diri sendiri. Dengan demikian pertimbangan memilih jurusan kuliah bisa dengan merujuk pada bidang yang menurut Anda lebih mudah dikuasai. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda mengikuti tes kemampuan di jenjang SMA agar lebih mudah memetakan potensi dan minat diri. 

10 Tips Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Minat di SMA 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan memilih jurusan kuliah secara hati-hati maka nantinya Anda akan lebih termotivasi dan bersemangat saat kuliah maupun bekerja. Namun bagi Anda yang masih merasa kesulitan memilih jurusan kuliah, berikut akan dijelaskan 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA.

1. Pertimbangkan Passion atau Minat 

10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA yang pertama yaitu mempertimbangkan minat Anda. Sebab setiap orang pasti mempunyai minat yang berbeda. Misalnya, Anda memiliki minat di bidang sains maka sebaiknya pilih jurusan kuliah di bidang sains. Kenali minat Anda sejak SMA dan gali terus hingga Anda menemukannya. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menentukan jurusan kuliah yang sesuai minat tersebut.

2. Pahami Kemampuan Diri 

Minat memiliki peran yang penting dalam menentukan jurusan kuliah. Akan tetapi kemampuan diri terutama di bidang akademik juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Sebab kedua hal tersebut harus seimbang serta sejalan supaya dapat berjalan lancar. Ketika Anda memiliki minat di suatu bidang, sebaiknya diiringi juga dengan kemampuan sehingga hasilnya lebih optimal. Untuk mengetahui jenis kemampuan yang Anda miliki, caranya dengan melihat hasil rapor atau ujian Anda di SMA. Ketahui mata pelajaran apa saja yang lebih Anda kuasai sejak awal hingga sekarang.

3. Pertimbangkan Saingan Saat Seleksi

Mempertimbangkan saingan saat seleksi merupakan salah satu dari 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA. Sebab rasa percaya diri serta kemampuan yang dimiliki saat mengikuti seleksi ternyata tidaklah cukup. Terlebih saat Anda memilih jurusan dengan jumlah peminat yang banyak dan kemampuan mereka yang di atas rata-rata. Sesudah Anda menentukan jurusan kuliah, sebaiknya buatlah strategi belajar serta mempertimbangkan kampus yang Anda pilih.

4. Yakinkan Diri Anda

10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA salah satunya dengan meyakinkan diri Anda. Setelah menentukan jurusan kuliah, tanyakan pada diri Anda apakah nantinya Anda mampu menyelesaikan kuliah dengan baik. Saat Anda merasa mampu menyelesaikannya maka yakinkan diri Anda untuk berjuang ketika seleksi masuk Perguruan Tinggi.

5. Berkonsultasi dengan Orang yang Berpengalaman 

Pengalaman merupakan guru terbaik termasuk ketika akan memilih jurusan kuliah. Anda perlu berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman di jurusan kuliah tersebut. Sehingga Anda bisa memperoleh gambaran mengenai kegiatan perkualiahan, apa saja yang dipelajari serta prospek karir di masa depan. Untuk melakukan salah satu dari 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA ini, Anda bisa bertanya pada mahasiswa semester 6, guru atau dosen serta orang yang sudah bekerja di bidang sesuai jurusan tersebut.

6. Diskusi dengan Kedua Orang Tua 

10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA berikutnya yaitu dengan berdiskusi bersama kedua orangtua. Melalui tips ini Anda akan lebih mudah memilih jurusan sesuai minat dan memperoleh dukungan dari kedua orangtua. Bahkan diskusi tersebut memungkinkan Anda memperoleh pandangan baru yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.

7. Mempertimbangkan Prospek Karir Jurusan Tersebut 

Dalam memilih jurusan kuliah tidak hanya terbatas pada minat dan materi yang Anda sukai saja. Melainkan juga perlu mempertimbangkan prospek jurusan kuliah tersebut di masa depan. Dimana dalam mempertimbangkan prospek jurusan dapat Anda lakukan dengan mengamati kebutuhan lulusan jurusan tersebut dalam dunia industri, jumlah kompetitor serta besarnya gaji.

8. Melakukan Riset Kecil-Kecilan 

Sebetulnya prospek bukan menjadi satu-satunya pertimbangan saat memilih jurusan kuliah sesuai minat. 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA berikutnya yaitu dengan melakukan riset mengenai sistem pengajaran di perguruan tinggi yang Anda pilih. Ketika jurusan yang akan Anda pilih sudah memiliki sistem pengajaran yang baik, tentu akan membuat minat Anda semakin meningkat.

9. Membuat 2 Opsi Jurusan Kuliah yang Terbaik 

Supaya Anda lebih realistis menghadapi kegagalan, maka 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA berikutnya yaitu dengan mempersiapkan 2 pilihan jurusan dan kampus. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi ketika Anda tidak lolos pada pilihan pertama.

10. Pertimbangkan Biaya Kuliah 

10 tips memilih jurusan berdasarkan minat di SMA yaitu dengan mempertimbangkan biaya kuliah. Dimana biaya kuliah tersebut tidak hanya meliputi biaya per semester saya tetapi juga biaya untuk membeli buku maupun praktikum. Pastikan jurusan dan kampus yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan finansial keluarga Anda. 

Melalui 10 tips memilih jurusan kuliah berdasarkan minat di SMA, kini Anda dapat lebih mudah memperoleh gambaran jurusan kuliah yang akan dipilih. Selain itu, pastikan tidak terburu-buru memilih jurusan kuliah dan rencanakan secara matang dari jauh-jauh hari. Jadi nantinya Anda semakin siap mengikuti seleksi dan memperbesar peluang lolos di jurusan yang Anda inginkan. 

Informasi lebih lanjut seputar jurusan kuliah bisa Anda akses melalui website berikut https://karantinaui.com/.