Blog

8 Tips Mudah Masuk PTN 14 Oct 2020

Ketika Kamu pertama kali dinyatakan lulus dari bangku sekolah menengah atas, apa yang ada dalam benak pikiranmu? Kebanyakan dari Kamu bakalan mencoba untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan untuk memperdalam ilmu sekaligus mendapatkan gelar sesuai dengan impiannya selama ini. Berbagai universitas bergengsi seperti halnya Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia menjadi deretan universitas incaran para calon mahasiswa baru. Untuk bisa menjadi bagian dari salah satu universitas tersebut, ada 8 tips mudah masuk PTN yang perlu diketahui.

Dalam setiap tahunnya, persaingan untuk bisa menembus bangku perguruan tinggi ternama terbilang semakin sulit. Angka passing grade semakin dinaikkan dengan tingkat kesulitan soal yang terbilang sangat luar biasa. Hal ini dialami oleh mereka yang mengikuti SBMPTN. 

Tidak sedikit calon mahasiswa yang dinyatakan gugur karena berbagai hal hingga pada akhirnya mereka akan mencoba menerapkan 8 tips mudah masuk PTN. Diharapkan dengan cara tersebut, nantinya peluang diterimanya pada sebuah perguruan tinggi akan semakin besar.

Namun demikian, untuk diketahui bahwasanya ketika seseorang dinyatakan gagal untuk mengikuti SBMPTN, mereka juga masih memiliki kesempatan lain yang sama melalui jalur mandiri. Jika sudah demikian, maka seleksi untuk bisa masuk perguruan tinggi tersebut akan dilaksanakan oleh pihak perguruan tinggi masing-masing. Lagi-lagi, untuk bisa lolos dalam seleksi mandiri tersebut, Kamu bisa merujuk pada 8 tips mudah masuk PTN yang pastinya akan membantu dalam meraih sebagian kecil dari impianmu selama ini.

Ini dia 8 tips mudah masuk PTN yang wajib Kamu coba

Jadi, buat Kamu yang tahun ini dijadwalkan akan memasuki bangku perguruan tinggi, pastikan Kamu mempersiapkan berbagai hal dengan matang. Jangan sampai Kamu gagal setelah perjuanganmu selama ini duduk di bangku pendidikan menengah atas. Lakukan yang terbaik untuk dirimu demi terwujudnya cita-cita dan harapan Kamu selama. Untuk itu, berikut beberapa 8 tips mudah masuk PTN yang bisa Kamu coba.

1. Ketahui minat dan juga bakat pada dirimu

Salah satu kunci utama dalam 8 tips mudah masuk PTN adalah dengan mencoba mengenai apa bakat sekaligus minat Kamu yang sesungguhnya. Hal ini akan menjadi salah satu panduan jitu bagi Kamu dalam memilih jurusan yang sesuai tanpa mengabaikan keberadaan puluhan jurusan pada sebuah perguruan tinggi yang telah Kamu incar selama ini. 

Dengan memiliki sebuah bakat, maka baik itu jurusan sosial ataupun saintek, maka semua ini akan sangat membantu dalam memperdalam ilmu untuk mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar. Bahkan, cara ini juga sangat ampuh untuk memerangi kebosanan atas materi yang didapatkan selama di bangku kuliah karena kita selalu semangat untuk memperdalam ilmu.

2. Sangat tidak disarankan melenceng dari jurusan di SMA

Dalam 8 tips mudah masuk PTN, anda nantinya juga sangat tidak disarankan untuk melenceng dari jurusan yang Kamu ambil selama menduduki bangku SMA. Jika Kamu duduk pada jurusan IPA, akan sangat tepat jika anda lebih condong untuk mengambil jurusan kedokteran, teknik, MIPA dan lainnya yang memiliki sifat keilmuan eksak. 

Sedangkan bagi Kamu yang notabene adalah anak IPS, dalam 8 tips mudah masuk PTN akan sangat tepat jika Kamu memilih jurusan hukum, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Ketika Kamu mempertimbangkan linearitas, secara tidak langsung Kamu sudah memiliki gambaran umum terkait dengan jurusan yang akan Kamu dalami.

3. Bersungguh-sungguh dalam menjalani tes masuk perguruan tinggi

Pastikan Kamu juga memiliki background knowledge yang sangat kuat ketika Kamu berencana untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi. Dalam 8 tips mudah masuk PTN, Kamu disarankan sudah memperdalam pengetahuan dasar sejak kelas satu atas jurusan yang ingin Kamu perdalam di tingkat perguruan tinggi. Jangan sampai Kamu menjadi sosok yang serius untuk belajar ketika sudah duduk pada bangku SMA kelas 12. Tentu saja hal ini tidak begitu membantu Kamu di saat harus menghadapi tes masuk perguruan tinggi yang terbilang sangat sulit di setiap tahunnya.

4. Ikuti bimbingan tes yang terpercaya dan berkualitas

Tidak sedikit calon mahasiswa perguruan tinggi negeri yang akan merelakan diri untuk menghabiskan waktunya dengan mengikuti berbagai bimbingan tes. Dalam 8 tips mudah masuk PTN, akan sangat tepat jika Kamu mempertimbangkan diri untuk memilih lembaga bimbingan belajar yang memang sudah memiliki reputasi baik di mata masyarakat dengan testimoni positif atas keberhasilan dalam membantu siswanya untuk menjadi bagian dari perguruan tinggi ternama. Dengan menerapkan salah satu 8 tips mudah masuk PTN, setidaknya hal ini akan membantu dalam mempermudah mengerjakan berbagai soal untuk masuk perguruan tinggi idaman.

5. Persiapkan mental atas apapun yang terjadi

Tidak jarang beberapa calon mahasiswa perguruan tinggi ternama harus menelan kekecewaan dan sakit hati yang mendalam ketika skor yang diperoleh tidak bisa menembus passing grade yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri idaman mereka. Dalam hal ini, beberapa orang ada yang dikabarkan mengalami depresi hingga putus asa. 

Oleh sebab itu, dalam 8 tips mudah masuk PTN, akan sangat tepat jika anda mencoba untuk selalu mempersiapkan mental dengan sebaik mungkin sehingga anda nantinya bisa menjadi lebih legowo atas hasil yang akan diterima. Cara ini nantinya akan menghindarkan Kamu dari rasa kekecewaan hingga depresi.

6. Jangan pernah terpaku hanya pada 1 soal saja

Memang 1 soal dalam ujian tes masuk perguruan tinggi negeri sangatlah bermakna karena mampu meningkatkan skor yang akan diperoleh. Sayangnya, dalam 8 tips mudah masuk PTN, Kamu sangat tidak disarankan untuk sebatas terpaku pada salah satu soal yang terbilang cukup sulit hingga Kamu penasaran ingin memecahkannya. Sayangnya, cara ini justru akan menghabiskan waktu Kamu. Akan lebih bijak jika Kamu mencoba membagi waktu yang tersedia dengan jumlah soal yang ada. dengan kata lain, untuk setiap soal bisa Kamu target selama 1.5 menit pengerjaan.

7. Jangan pernah mencoba berspekulasi

Tahukah Kamu, bahwa dalam mengerjakan soal seleksi masuk perguruan tinggi negeri, untuk soal yang benar akan mendapatkan skor 4 dan yang salah akan mendapatkan nilai -1. Jika sudah demikian, dalam 8 tips mudah masuk PTN, Kamu sangat tidak disarankan untuk mencoba berspekulasi karena hal ini justru akan membuat Kamu kaget dengan pengurangan nilai yang didapatkan. Oleh sebab itu, jika Kamu ragu atas jawaban yang ada, akan sangat tepat jika Kamu mencoba untuk mengabaikannya dan fokus pada soal lain yang dirasa mudah untuk dikerjakan.

8. Perbanyak doa setiap waktu dan setiap saat

Berbagai usaha yang Kamu lakukan untuk sebuah hasil terbaik nampaknya akan berbuah kegagalan ketika tidak Kamu iringi dengan doa, khususnya doa dari kedua orang tua. Jangan pernah sepelekan keajaiban dari doa, karena dengan dengan doa, semua yang sulit akan menjadi mudah. Dalam 8 tips mudah masuk PTN, akan sangat bijak jika setiap memulai kegaiatan apapun harus diawali dengan doa.

Itulah beberapa hal yang memang harus Kamu perhatikan ketika ingin menjadi bagian dari universitas terbaik di Indonesia. persaingan yang sangat ketat dengan tingkat kesulitan soal yang begitu luar biasa kerap kali membuat banyak calon mahasiswa baru gagal untuk mencapai nilai yang diharapkan. 

 

Menyikapi hal tersebut, akan sangat bijak jika Kamu mencoba 8 tips mudah masuk PTN sehingga Kamu berpotensi untuk diterima di jurusan dan perguruan tinggi impianmu selama ini. Selamat berjuang!