Blog

Strategi Lulus Ujian Mandiri dalam Seleksi Ujian Mandiri di Universitas Diponegoro 2023 21 Feb 2023

Strategi Lulus Ujian Mandiri Universitas Diponegoro 2023

Jika memang pilihannya adalah Undip, maka kalian bisa memilih beberapa konsep program seleksi masuk PTN  yang di sediakan oleh Undip. Dari mulai SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN  ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)  hingga Ujian Mandiri atau  Seleksi mandiri yang diadakan oleh internal kampus yang berlokasi di  Semarang  Jawa Tengah. 

Memang di bandingkan untuk masuk di Undip dengan  program SNMPTN dan SBMPTN maka program Ujian Mandiri adalah salah satu program seleksi masuk PTN yang cukup mudah dibandingkan  kedua jenis program seleksi masuk PTN Lainnya. Sehingga tidak salah memang  jika pada akhirnya banyak siswa yang kurang beruntung dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN pada akhirnya tertarik untuk ikut dalam  program Ujian Mandiri di tahun 2023 nanti. 

Beberapa Informasi Seputar Ujian Mandiri di Universitas Diponegoro tahun 2023

Nah bagi kalian yang saat ini sedang merencanakan untuk bisa masuk ke Universitas Diponegoro maka  perhatikan beberapa informasi dan data berikut, karena dari informasi inilah  kalian bisa tentukan seperti apa baiknya : 

1. Informasi pertama adalah  3 jalur  Ujian Mandiri yang ada di  Universitas Diponegoro

Bagi  kalian  yang saat ini sedang merencanakan  untuk ikut dalam pelaksanaan ujian mandiri, maka ada 3 hal yang berhubungan dengan jalur Ujian Mandiri program S1 yang ada di Undip. 

  • Jalur pertama yang ada di dalam Ujian Mandiri adalah jalur KIP dan atau jalur yang di gunakan  oleh golongan dari keluarga yang tidak mampu. Hal itu bisa kalian buktikan berdasarkan bukti Kepemilikan KIP ( Kartu Indonesia Pintar) yang telah di tetapkan berdasarkan UKT Golongan 1-3 dengan tanpa adanya SPI. 

  • Jalur kedua yang mungkin bisa di gunakan  oleh siswa adalah  jalur regular.  Dimana ketentuannya adalah dengan jalur regular adalah dengan melalui Pembayaran meliputi UKT tertinggi dan SPI yang sesuai dengan adanya Pilihan  Golongan 1 atau 2. 

  • Jalur ketiga adalah yang di maksud dengan jalur kemitraan  ( untuk umum).  Yang mana terkait untuk pmbayaran yang di tentukan untuk  UKT tertinggi dan tentunya untuk SPI tentunya di atas kondisi golongan II. 

Jika kalian sudah  bisa tentukan jalur ujian mandiri yang akan bisa kalian pilih,  maka ada 3 hal yang mesti kalian persiapkan dalam seleksi masuk PTN dengan  program  : (1) Nilai raport terbaik yang pernah  kalian dapatkan dari kelas 10 hingga 12 (2) Bila kalian memiliki prestasi yang lain maka ada baiknya juga memberikan prestasi non akademik/ kejuruan jika memang ada (3) Persiapan lain  yang perlu kalian persiapkan adalah esai  tentang bagaimana wawasan kebangsaan dari siswa yang bersangkutan.

Setelah kalian sudah pahami apa saja yang perlu menjadi perhatian maka Langkah selanjutnya yang mesti kalian perhatikan adalah dengan mengetahui  beberapa  persyaratan untuk siswa  yang ingin masuk ke UJian Mandiri level  Sarjana. 

Minimal ada 3 persyaratan yang mesti kalian perhatian untuk siswa  yang ingin ikut dalam Ujian Mandiri level Sarjana : (1)  Bagi kalian yang lulus dari tingkat sekolah SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2022, 2021 dan 2020 (2) Persyaratan selanjutnya adalah bahwa  kalian  telah memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju, jika ingin lebih detail bisa melanjutkan dengan  KLIK DISINI  (3) Persyaratan terakhir yang harus di penuhi maksimal usianya adalah 22 tahun. 

Dasar untuk kalian para siswa yang memang tertarik untuk ikut dalam ujian mandiri dapat mengikuti beberapa persyaratan atau  tata cara yang harus kalian  ikuti agar kalian bisa sesuai dengan apa yang di harapkan dari Universitas  Diponegoro : 

  1. Siswa yang bersangkutan adalah peserta yang harus  membuat user pada website pendaftaran menggunakan email, KLIK DISINI

  2. Siswa yang bersangkutan adalah peserta  yang harus memilih jalur pilihan UM S1 dan memilih/mengisi Besaran SPI. Apabila Anda sudah menyimpan, maka pilihan Jalur dan Besaran SPI tidak bisa terganti. Pastikan pilihan Anda sudah benar.

  3. Siswa yang bersangkutan  adalah peserta  yang harus membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)  KLIK DISINI

  4. Siswa yang bersangkutan adalah mereka  yang sudah harus bisa melakukan pembayaran Peserta bisa login kembali ke Akun Pendaftaran dan Klik Cetak Kartu Peserta setelah akan muncul menu Isi Raport dan Wawasan Kebangsaan

  5. Siswa yang bersangkutan adalah peserta yang sudah harus  mengisi data portofolio (Raport Smt 1-5 dengan cara menginputkan nilai raport pengetahuan dan atau Prestasi lain) melalui website pendaftaran,

  6. Siswa yang bersangkutan adalah peserta yang sudah harus melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format .pdf) dan diwajibkan Cetak kartu peserta pada website pendaftaran online karena bila tidak cetak kartu maka tidak akan terdaftar dalam Penjadwalan Ujian.

  7. Siswa yang bersangkutan harus mengikuti persyaratan  bahwa peserta yang bersangkutan sudah bisa mengikut ujian sesuai jadwal pada kartu peserta.

Untuk program studinya sendiri,  maka siswa yang akan  ikut dalam Ujian Mandiri di kampus Universitas Diponegoro  bisa memilih 3 program studi seperti penjelasan berikut  : (1) SAINTEK : 2 pilihan program studi (ada 35 prodi S1 Saintek Kampus Tembalang dan 1 Prodi S1 Keperawatan Kampus Jepara) (2) SOSHUM : 2 pilihan program studi (ada 18 prodi S1 Soshum Kampus Tembalang dan 1 Prodi S1 Hukum Kampus Jepara)  (3) CAMPURAN : 1 Pilihan program studi SAINTEK dan 1 pilihan program studi SOSHUM.contoh : Siswa SMA IPA memilih pilihan 1 Ekonomi dan pilihan 2 Teknik Sipil, atau sebaliknya.contoh : Siswa SMA IPS memilih pilihan 1 Perencanaan Wilayah dan Kota dan pilihan 2 Akutansi, atau sebaliknya.

Itulah beberapa persyaratan   yang mesti kalian harus perhatian dan ikuti jika kalian tertarik untuk  ikut dalam seleksi masuk PTN dalam Ujian Mandiri di Universitas Diponegoro  tahun 2023.   Dan yang paling penting setelah kalian sudah tahu semua persyaratan   yang ada maka hal yang paling penting lainnya adalah kalender pendaftarannya. Jika kalian akan ikut di tahun 2023 maka kalender di tahun 2022 bisa menjadi acuan kalian sebelum pada akhirnya kalian ikuti : 

 

  • Pendaftaran online di lakukan mulai : 11 April – 27 Juni 2022

  • Pembayarannya sendiri setelah melakukan pendaftaran  : 11 April – 27 Juni 2022

  • Cek  kartu peserta  sebelum melakukan ujian  : 11 April – 27 Juni 2022

  • Dan untuk pengecekan kartu peserta ujiannya sendiri   : 30 Juni – 8 Juli 2022

  • Ujian secara  online sendiri di lakukan pada : 30 Juni – 8 Juli 2022

  • Pengumuman untuk ujian seleksi Ujian Mandiri sendiri pada : 13 Juli 2022