Blog

Tips Cara Meningkatkan Kualitas Belajar Bagi Siswa Selama Masa Pandemi 25 Jan 2021

Proses  belajar  yang dilakukan pada masa pandemi memang gampang-gampang susah.  Jika kita  tidak  tahu cara terbaiknya, maka yang akan dihasilkan adalah pemahaman yang kurang pas terhadap proses belajar tersebut.

Menyikapi kondisi seperti itu, memang pada akhirnya kita mesti pandai-pandai dalam mengatur strategi terbaik dalam melakukan proses  belajar yang ada di rumah. Karena dengan konsep belajar yang benar, sudah barang tentu hasil yang akan kita dapat bisa maksimal. Intinya proses belajar yang dilakukan di rumah akan sama kualitasnya dengan apa yang kita jalankan di sekolah atau belajar tatap muka.

Untuk konsep  belajar yang satu ini memang belum ada rujukannya, karena memang kita belum terbiasa untuk melakukan proses belajar model daring atau online. Tetapi setidaknya dari beberapa kondisi yang ada, kita bisa memberikan sedikit acuan atau panduan yang akan bisa kita gunakan pada saat kita melakukan proses belajar di rumah saat ini.

Dengan melihat situasi dan kondisi  yang ada saat ini, maka kita bisa mendapatkan beberapa strategi atau acuan yang coba bisa kita lakukan dirumah. Semoga saja apa  yang  kita lakukan ini bisa memberikan satu kualitas sistem belajar yang lebih baik.  Bukannya mencoba itu lebih baik daripada tidak mencoba sama sekali.  

Nah  terkait urutannya,  ini bukan  urutan cara yang mesti dilakukan tetapi ini adalah beberapa contoh atau tindakan yang  bisa coba kita terapkan di rumah. Tentunya apa yang kita lakukan ini dengan terlebih dahulu melihat situasi dan kondisi yang ada di rumah kita masing-masing.

1. Mencoba melakukan proses belajar dengan sistem daring interaktif  dan non interaktif.

Dengan mencoba konsep kedua diatas, kita akan tahu seperti apa konsekuensi dan  hasil akhirnya. Sehingga dengan kita mencobanya kita akan tahu mana yang lebih efektif dari kedua konsep  belajar diatas.   Setelah kita tahu baru kita coba terapkan secara maksimal.

2. Mencoba melakukan model pendidikan yang mengutamakan kecakapan atau minat.

Berusaha untuk membuat satu proses belajar yang disesuaikan dengan minat dan bakat anak dirumah. Dengan cara seperti ini maka proses belajar  akan berjalan dengan baik dan lancar, karena anak-anak bisa menikmati proses belajarnya dengan cukup baik. 

3. Melakukan proses belajar dengan terlebih dahulu secara demokrasi menentukan model pembelajaran seperti apa yang akan dilakukan.

Setiap anak di rumah pasti memiliki minat, bakat dan keinginan yang berbeda-beda. Bagaimana caranya jika semua keinginan tersebut mesti dipenuhi maka akan terjadi masalah. Oleh karena itu perlu adanya satu kesepakatan bersama yang terjadi antara orang tua dan anak-anak. Dengan mempersatukan semua keinginan yang didasarkan pada minat dan bakat anak terlebih dahulu, maka kita sebagai  orang tua tinggal melaksanakan apa yang terbaik untuk mereka jalankan.

4. Menentukan standar penilaian yang berdasarkan kualitatif bukan kuantitatif.

Proses belajar dan mengajar memang mesti ada penilaiannya.  Sekalipun kita bukan seorang guru atau pengajar paling tidak kita bisa melakukan satu penilaian agar kita tahu sejauh mana kualitas belajar yang dijalankan oleh anak – anak kita selama di rumah. Cara terbaik  yang bisa dijalankan adalah dengan melakukan penilaian secara kualitatif bukan kuantitatif. Kenapa, karena jumlah bisa jadi akan lebih baik sebagai acuan penilaian dari pada kualitas hasil belajar anak-anak kita. 

Jika semua proses di atas telah kita lakukan dengan baik, maka proses selanjutnya adalah tahapan dimana kita akan masuk dalam proses belajarnya. Ingat proses belajar ini akan menjadi faktor penentu apakah anak-anak memahami atau belum 4 hal yang telah dijelaskan diatas. Jika sudah maka proses belajar akan bisa  dijalankan dengan baik. Tetapi jika belum, maka tugas kitalah sebagai orang tua  yang akan memberikan penjelasan agar bisa dipahami dengan baik.

Terdapat minimal  3 cara atau strategi  yang bisa kita lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas dan minat belajar putra putri kita pada masa seperti saat ini. Dimana  pandemi memang telah mengubah konsep belajar yang semua  tatap muka menjadi sistem online/ daring.

1. Proses belajar dengan mengedepankan model belajar menghibur.

Cara belajar seperti ini memang menjadi satu hal yang menarik bagi para siswa dirumah. Karena kita tahu masa anak-anak hingga sekolah menengah, mereka suka dengan yang namanya dihibur atau bercerita. Itulah sebabnya pengajar harus bisa membawa materi pelajaran yang ada dengan model belajar bercerita.

2. Proses belajar dengan menekankan pada aspek kreativitas.

Dalam masa perkembangan teknologi yang saat ini, proses belajar yang mengutamakan kreativitas memang bisa dijalankan. Karena banyaknya media atau tools  yang memungkinkan kita belajar menggunakan tools yang bersifat kreatif. Ambil contoh, belajar dengan menggunakan aplikasi seperti youtube atau tiktok. Dengan cara seperti ini maka proses belajar menjadi sesuatu yang mengasyikan.

3. Proses belajar dengan melibatkan para siswa dari sebuah pembahasan materi yang lebih bersifat  interaksi dua arah.

Konsep ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kualitas pembelajaran menjadi lebih menarik dan berkualitas. Karena dengan melibatkan para siswa dalam proses belajar dan mengajar maka suasananya akan lebih hidup. Terlebih ini konsep belajar daring, sehingga keterlibatan para siswa menjadi satu hal yang membuat proses belajar dan mengajar menjadi  lebih hidup.

Itulah beberapa tip dan strategi  yang bisa dijalankan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa pandemi. Memang bukan perkara mudah, tetapi patut di contoh. Dan jika kali ini kalian para siswa merasa kualitas  belajarnya juga belum meningkat  sekalipun  telah dicoba dengan beberapa cara. Jangan menyerah, cobalah kalian masuk ke website : https://www.karantinaui.com. Maka kalian akan mendapatkan suasana belajar yang belum pernah kalian rasakan sebelumnya. Karena Karantina UI bukan sekadar lembaga bimbingan belajar untuk masuk  PTN semata. Tetapi Karantina UI juga bisa membantu kalian para siswa agar bisa meningkatkan kualitas belajarnya dengan baik walau ada di rumah.  Jangan ragu untuk mencoba berkonsultasi dengan  team yang ada di Karantina UI dan coba rasakan bedanya belajar dengan sistem yang berbeda pula.