Blog

Tips Mendapatkan Beasiswa Universitas Dari Kemendikbud 07 Jan 2021

Kuliah di  Perguruan Tinggi Negeri, memang menjadi dambaan setiap siswa yang saat ini duduk di kelas 12 SMA sederajat. Atau mereka yang saat ini telah lulus maksimal 2 tahun lalu.  Namun yang lebih menyenangkan  lagi adalah ketika kita bisa kuliah di PTN  justru berkat beasiswa dari Kemendikbud.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, apakah hal itu mudah dilakukan.  Jelas jika kita bicara susah atau mudah jawabnya cukup beragam. Karena setiap orang punya kepandaian yang berbeda-beda,  dan juga setiap orang punya keberuntungan yang berbeda-beda pula. Itulah yang  pada akhirnya menjadi kunci apakah mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa masuk PTN melalui pintu beasiswa dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Sebenarnya jika kita bicara usaha, setiap orang pasti memiliki kesempatan  yang sama  agar bisa menembus beasiswa dari Kemendikbud. Tetapi memang perlu adanya beberapa strategi  yang mesti dilakukan agar  proses menuju pintu beasiswa semakin terbuka lebar.

Setidaknya ada 8 hal yang bisa kita coba lakukan sejak dini, agar kesempatan kita masuk PTN melalui jalur beasiswa Kemendikbud bisa kita tebus dengan sukses. Memang proses untuk mendapatkannya tidak mudah, karena kita mesti berhadapan dengan siswa seluruh Indonesia dan juga para lulusan yang sudah  lebih dahulu mencobanya. Namun jika kita yakin dan  percaya, maka tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini.

8  Tips Strategi Siswa dalam Menembus Beasiswa Universitas dari Kemendikbud

  1. Kita  harus  tahu apa saja yang menjadi persyaratan dasar (umum)

Setidaknya ada 4 hal yang masuk dalam persyaratan bagi para siswa yang ingin mendapatkan beasiswa tersebut : (a) Siswa memiliki sertifikat yang membuktikan adanya prestasi baik tingkat lokal maupun nasional. (b) Siswa bisa saja mengikuti karena telah mendapatkan rekomendasi dari institusi atau lembaga tertentu (c) Siswa tidak sedang mendapatkan atau menjalani beasiswa dari lembaga atau institusi lainnya (d) Siswa yang bersangkutan  telah di terima di PTN yang terakreditasi. 

  1. Siswa juga harus memenuhi persyaratan khusus  : bagi Program Sarjana

Untuk persyaratan khususnya ini biasanya sudah harus berhubungan dengan hal teknis. Seperti misalnya siswa maksimal berusia 22 tahun, telah mengisi nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) serta bagi mahasiswa yang saat ini sedang menjalani pendidikan S1 maka harus memiliki nilai IPK  minimal 3,25.

  1. Bagi siswa yang tertarik untuk ikut program Beasiswa Program Magister, syarat berikut mesti dipenuhi.

Yang bersangkutan maksimal telah berusia 32 tahun, dengan ditambah adanya Surat Keterangan Lulus/ Letter of Acceptance (LoA) Unconditional sesuai kriteria kampusnya. Sedangkan untuk minimal IPK S1 3,25 pada skala 4.0 ditambah kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris dengan Toefl  ITP 500/IBT 61 atau IELTS 5,5.

  1. Jika kalian ingin tingkat yang lebih tinggi seperti Beasiswa tingkat Program Doktoral. Maka syaratnya pun tidak jauh beda dengan Program  Magister.

Diantara beberapa persyaratan  yang mesti dipenuhi nya adalah : Berusia maksimal 40 tahun dengan nilai IPK S2 minimal 3,40 dengan skala 4.0.  Selain itu kalian juga sama dengan Program Magister yaitu sudah memiliki Surat Keterangan Lulus/ Letter of Acceptance (LoA)  Unconditional. Serta  yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki kemampuan dalam bahasa Inggris dengan skor TOEFL  ITP 500/IBT 61 dengan IELTS 5,5.

  1. Para siswa mesti melengkapi beberapa Persyaratan Administrasi / Dokumen yang mendukung tujuan untuk mendapatkan Beasiswa.

Beberapa hal yang mesti dilengkapi oleh para siswa adalah  : KTP, Kartu Tanda Mahasiswa, LoA Unconditional, Kartu Hasil Studi (KHS),  serta kelengkapan yang termasuk di dalamnya Sertifikat TOEFL/IELTS. Sedangkan  kelengkapan dokumen lainnya adalah proposal rencana studi , Surat rekomendasi dari Civitas Akademika atau Instansi yang  terkait dengan siswa dimana mereka menetap saat itu. Dan yang penting juga siswa tidak sedang mendapatkan beasiswa dari manapun dan Sertifikat Prestasi .

  1. Selain mempersiapkan segala hal yang telah dijelaskan diatas. Ada juga beberapa persyaratan atau persiapan yang sifatnya pendukung. 

Dimana beberapa tips atau syarat yang mesti kalian lakukan agar  bisa menembus persaingan untuk mendapatkan beasiswa adalah : Coba lakukan riset, serta secara updating mencari informasi yang berhubungan dengan beasiswa yang ingin kita dapat.

  1. Hal yang tidak bisa dianggap enteng lainnya adalah coba kalian para siswa untuk melakukan 2 hal yaitu :

Melakukan analisa dan pemahaman yang  mendalam terkait program atau jenis beasiswa  yang  ingin  kalian dapatkan. Caranya bisa bertanya dengan kakak kelas atau siapapun yang telah mendapatkan beasiswa atau bisa juga bertanya kepada Guru atau Staf TU sekolah. Karena dari mereka lah biasanya informasi soal Beasiswa tersebut akan di dapat.

  1. Cara terakhir yang harus kalian lakukan atau cari informasinya adalah dengan bertanya atau menanyakan secara langsung. 

Apa yang mesti ditanya, sudah pasti segala hal yang berhubungan dengan beasiswa kepada Penyelenggara Beasiswa. Tentunya pada saat kalian sudah siap untuk bertanya, dokumen CV serta portofolio kalian menjadi salah satu hal yang mesti dipersiapkan agar semua hal lebih mudah.

Panjang memang persiapan  yang mesti kalian lakukan, tetapi jika kalian merasa apa yang mesti kalian persiapkan itu cukup memakan waktu. Sebenarnya ada strategi bagus yang bisa menjadi alternatif usaha anda. Adalah Karantina UI, sebuah lembaga bimbingan belajar  masuk PTN.  Programnya cukup menarik, yaitu mendampingi kalian yang  ingin masuk PTN dengan berbagai pilihan cara  bisa menjadi mitra kalian untuk meraih impian kalian.

Jika kalian tertarik, bisa mengunjungi website Karantina UI di : https://www.karantinaui.com. Dengan mempelajari apa saja program  yang bisa diberikan oleh Karantina UI, maka kalian bisa maju selangkah dari teman-teman kalian. Sehingga ketika waktunya tiba, kalian sudah tidak bingung  lagi untuk bagaimana memulainya.  Terlebih dengan pengalaman yang diberikan oleh Karantina UI, kalian para siswa sudah akan terbiasa dengan soal-soal yang ada di tahun lalu. Intinya Karantina UI adalah mitra kalian dalam merancang strategi masuk ke  Perguruan Tinggi Negeri.